5 Cara Menghadapi Sunday Scaries

Pernahkah kamu merasakan cemas berkepanjangan saat weekend, terutama di hari Minggu?Walaupun masih terhitung hari libur, mungkin kamu merasa hari Minggu malam tidak terasa menyenangkan seperti Jumat dan Sabtu malam. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, tapi faktor paling umum adalah karena kamu memiliki kecemasan atas hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan secara berlebihan dan membuatmu merasa tertekan untuk menjalani hari Senin dan kembali ke depan layar komputer.



Sunday Scaries memang nyata sebagai bentuk kecemasan antisipatif, ketakutan pada hari Minggu yang melibatkan kegugupan dan ketakutan atas hal yang akan terjadi di hari kerja keesokan hari. Jika sudah parah, kecemasan yang dialami dapat meningkat dan mengakibatkan masalah pencernaan dan kegelisahan yang berlanjut lho, dan hal ini bisa berdampak pada kesehatan mental. Yuk kita cek 5 cara berikut untuk meredakan Sunday Scaries:


  1. Buat Rencana Untuk Hari Minggu Membuat jadwal dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menonton Netflix, brunch, membuat makan malam untuk keluarga, berlari, pergi dengan anak-anak, zoom call dengan orang tua, self-care, shopping, maupun yang lainnya. Intinya adalah, jangan menghabiskan waktu untuk mencemaskan dan terobsesi dengan pekerjaan yang akan ada di hari Senin nanti.


  1. Persiapkan Email Buatlah draft email dan jawablah beberapa pertanyaan, tapi jangan langsung dikirim ya! Membuat draft ini berfungsi untuk mengurangi kecemasan mu atas banyaknya tugas yang akan kamu hadapi saat weekday. Pada hari Minggu, kamu hanya perlu siapkan email nya, siap untuk pergi, dan kirimkan semuanya pada Senin pagi.

  2. Plan Outfit Bagi Stellars yang sudah kembali bekerja di kantor, sisihkanlah waktu sebentar di hari Minggu mu untuk memikirkan outfit di hari Senin. Ini dapat membantu karena jika kamu tidak tertarik terhadap penampilan, melakukan ini akan memungkinkan mu untuk fokus pada hal-hal lain dan tidak khawatir tentang berpakaian setiap pagi. Sedangkan jika kamu sangat peduli terhadap penampilan, maka kamu bisa bersenang-senang mix and match di hari Minggu!

  3. Buatlah “Work Worry List” Di list ini akan berisi daftar kekhawatiran yang kamu punya di tempat kerja untuk minggu yang akan datang. Luangkan waktu dan tuliskan semua pikiran yang membuatmu stress, kemudian tuliskan tindakan yang dapat kamu lakukan untuk menyertai setiap kekhawatiran tersebut. Apa yang kamu bisa lakukan? Begitu kamu melepaskan perasaan dan pikiran mu ke kertas, kamu akan merasa lebih lega dan tidak lagi kekhawatiran tersebut berputar-putar di dalam kepala.

  4. Mulai Lebih Awal Pada Senin Pagi Cobalah untuk bangun lebih awal 30 menit supaya dapat memulai hari kerja yang lebih tenang dan tidak tergesa-gesa. Beralih dari nol pada weekend ke seratus dalam sepersekian waktu pada hari Senin dapat mengacaukan pikiran. Jika kamu memulai hari dengan tenang dan dalam kendali, kamu akan lebih rileks pada Minggu malam saat memikirkan hari yang akan datang.




So... What do you think Stellars? Wajar kok kalau kamu sering merasa cemas di hari Minggu, dan bukan hanya kamu yang merasakan hal ini, bisa jadi bos kamu merasakan hal yang sama lho! Terkadang kecemasan ini datang dari diri kita yang sering overthinking padahal kenyataannya hari Senin tidak seburuk itu kan? In the end, everything will be alright, and you'll get through it. Semoga tips ini dapat membantu teman-teman Stellars untuk mengatasi Sunday Scaries dan Work Anxiety mu ya!


17 views0 comments

Recent Posts

See All