5 Cara Ampuh Agar Mudah Bahagia

Updated: Sep 30, 2020



Perasaan bahagia di dalam diri membuat siapa saja lebih semangat untuk menjalani hari. Beberapa orang ada yang dengan mudah menemukan kebahagiaan, tapi sayang, beberapa lainnya terkadang sulit untuk sekedar menemukan kebahagiaannya masing-masing. Kok bisa, ya?


Padahal, kalau dipikir-pikir, perasaan bahagia itu mudah timbul dari dalam diri kita sendiri. Ingat, kamu punya kendali penuh terhadap perasaan bahagia. Pernah, nggak, kamu mendengar quotes, “bahagia itu diciptakan, bukan dicari”? Kamu adalah kapten dari kapalmu sendiri terhadap rasa bahagia.


Ngomong-ngomong soal kapten, tentu saja kamu perlu ‘arahan’ dari peta supaya nggak mudah tersesat. Melalui peta, kamu bisa punya petunjuk-petunjuk untuk menuju ke tempat akhirmu. Dalam konteks ini, peta tersebut menuju ke sumber kebahagiaan. Nah, Stellar Women sudah merangkum 5 cara yang ampuh dan sederhana agar dapat membawa kamu kepada rasa bahagia.



1. Meditasi



Dengar kata ‘meditasi’ saja, pikiranmu pasti sudah langsung “travelling” menuju visualisasi seorang biarawan yang duduk bersila di atas gunung Tibet selama 40 hari atau di tengah hutan rimbun yang kaya oksigen, dan ditemani suara air mengalir. Ya, nggak?


Perlu diingat, salah satu kunci mencapai kebahagiaan adalah “living in the present”. Hal-hal yang bersifat masa lalu ataupun masa depan, bukan menjadi fokus utama. Dengan meditasi, kamu dibuat lupa sama kedua hal tersebut. Coba, deh, kamu bisa mempraktekkan meditasi dengan mencoba menutup kedua mata dan fokus pada pikiran dan pernapasan kamu selama 5 menit di pagi hari. Dijamin kamu akan merasa lebih rileks kalau kamu melakukannya dengan rutin.



2. Batasi Penggunaan Media Sosial



Penggunaan media sosial yang berlebihan itu nggak baik untuk kesehatan mental, lho. Kamu hanya buang-buang waktu untuk melihat kehidupan orang lain di Instagram, padahal kamu bisa menggunakan waktu tersebut agar lebih produktif.


Selain itu, hal yang paling buruk ketika kamu menggunakan sosial media secara berlebihan adalah kecenderungan untuk membandingkan dirimu dan orang lain. Tentu, kamu jadi nggak merasa bahagia karena hal ini. Karena akan timbul perasaan iri atau bahkan merasa lebih superior dari orang lain.



3. Berolahraga Secara Teratur



Berolahraga memiliki dampak positif tidak hanya pada kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Untuk kamu yang pemula, coba rutin berolahraga sebanyak 3 kali selama seminggu. Berdasarkan riset oleh Yale and Oxford, berolahraga bisa membuatmu lebih bahagia ketimbang uang.


Olahraga bisa menjauhi stress, cepat lelah, dan rasa cemas. Dengan berolahraga secara rutin, tubuhmu akan menjadi lebih sehat dan bugar. Walau cuma di rumah aja, ada beragam aktivitas olahraga yang bisa kamu ikuti, seperti zumba sambil menonton video zumba, skipping, hingga lari-lari kecil di sekitar rumah. Kamu bisa langsung rasakan manfaatnya, lho.



4. Perbanyak Membaca Buku



Percaya, nggak, buku bisa membuatmu menjadi orang yang lebih baik, lho. Kamu bisa mendapatkan berbagai perspektif yang dapat membuka pikiranmu dalam memandang suatu hal. Pastinya senang, dong, kalau bisa belajar hal-hal baru?


Dengan banyak membaca buku, kamu juga bisa lebih berempati dengan orang lain. Kamu akan melihat segala hal dengan open-minded dan menjadi lebih bijak. Membaca buku adalah salah satu rutinitas yang amat bermanfaat, dan dampaknya bisa membuat kamu lebih bahagia!



5. Hidup Pada Masa Kini



Living at the moment adalah kunci dari kebahagiaan. Buang jauh-jauh perasaan terlalu menyesali masa lalu dan terlalu memikirkan masa depan. Eckhart Tolle pernah berkata, realize deeply that the present moment is all you have. Make the NOW the primary focus of your life.”


Quotes lainnya tentang hidup di present time, “live each day like it’s your last.” Yang artinya, buatlah hari-harimu seolah-olah itu adalah hari terakhirmu di dunia ini. Supaya, kamu bisa lebih hidup dengan sungguh-sungguh.


Lihat, kan, kamu nggak butuh membeli barang-barang yang mahal atau pergi ke luar negeri untuk bisa bahagia. Hal sederhana seperti kegiatan di atas bisa kamu lakukan sekarang juga. Yang terpenting, segera praktekkan di rumah, ya. Selamat menempuh jalan menuju kebahagiaan!


17 views0 comments
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW