• StellarW

3 Tips Mudah Batasi Penggunaan Gadget-mu

Updated: Oct 1, 2020


Saat bangun di pagi hari, apa hal yang pertama kali kamu lakukan? Apakah mengecek smartphone-mu? Kalau kamu merasa kebiasaan memandangi layar gadget-mu sudah berlebihan dan sulit dikontrol, kamu perlu membatasi dirimu, nih! Jangan sampai kebiasaan ini mengganggu aktivitasmu sehari-hari, bahkan berujung pada kecanduan. Coba ikuti 3 tips sederhana ini untuk mulai membatasi penggunaan gadget-mu, deh!


Matikan Notifikasi

Nggak bisa dipungkiri, banyaknya notifikasi yang masuk ke smartphone atau laptop kita merupakan salah satu alasan yang paling memungkinkan kita terus memandangi layar gadget. Kalau pekerjaanmu mengharuskanmu untuk terus standby di depan gadget, kamu bisa menonaktifkan notifikasi dari sejumlah aplikasi yang jarang kamu gunakan atau group chat yang tak begitu penting. Dengan begitu, kamu hanya akan fokus pada pesan yang harus kamu balas.


Atur Jadwal Menggunakan Gadget

Mengurangi waktu penggunaan gadget memang nggak mudah. Itu mengapa kamu bisa melakukannya secara bertahap, salah satunya dengan mengatur jadwal pribadi dalam menggunakan gadget. Kamu bisa menentukan waktu penggunaan gadget-mu dalam sehari, misalnya 3 jam/hari di luar dari jam kerja. Pembatasan screen time saat weekend pun sangat dianjurkan, karena waktu yang kamu punyai ini bisa dimanfaatkan untuk menjalankan hobi, menerapkan self-care, atau menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang tersayang.


Tetap Terhubung Dengan Dunia Nyata

Menjalin hubungan dengan orang lain melalui media sosial boleh-boleh aja kok, selama hal tersebut nggak membuatmu lupa untuk bersosialisasi secara langsung di dunia nyata. Daripada fokus main gadget melulu, lebih baik kamu menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, sahabat, atau pasangan. Yang terpenting, jangan sibuk main gadget saat sedang kumpul dengan orang-orang terdekatmu, ya!


Coba terapkan tips-tips tadi secara bertahap, ya! Pada akhirnya, mengurangi kebiasaan bermain gadget nggak hanya akan bermanfaat untuk interaksimu di dunia nyata, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. Happy trying!

4 views0 comments

Recent Posts

See All