top of page
  • Writer's picturestellarw

3 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merencanakan Goals & Tujuan Hidup

Updated: Oct 13, 2021

Apakah kamu berencana untuk mulai menentukan goals untuk kehidupan kamu? Eits.. sebelum membuat perencanaan tersebut, kita ternyata pelu memperhatikan hal-hal ini loh, supaya goals tersebut dapat tercapai sesuai dengan plan yang telah dibuat sebelumnya. Tetapi , sebelum kita ke faktor-faktornya, kita harus tahu dulu nih, salah satu framework untuk menentukan goals, persyaratan apa saja sih yang harus dipenuhi untuk dapat membuat goals yang dapat tercapai? Perhatikan infografis di bawah ini!


(Source:slidesgo.com)

Framework ini biasa disebut S.M.A.R.T Goals, framework ini biasa dipakai untuk kita dapat menentukan tujuan kita. Bisa dalam bentuk tujuan bisnis, tujuan finansial, tujuan karir, ataupun rumah tangga kita di jangka waktu mendatang. Framework S.M.A.R.T Goals ini mengajarkan kita bahwa kita harus menentukan tujuan kita secara maksimal melalui 5 aspek yang perlu diperhatikan, yaitu bahwa Goals harus spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki tenggat waktu. Ketika membuat rencana untuk mencapai tujuan dengan menggunakan framework ini, ada juga nih 3 aspek yang perlu dipikirkan sebagai konsiderasi dalam menentukan tujuan tersebut, yaitu:

1. Kemampuan (Ability & Passion)

Sebelum melakukan goal setting, perhatikan dulu diri kita sendiri, mulailah mencoba merefleksikansikan dan mengenal diri lebih dalam lagi, dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa yang bisa kamu lakukan dengan baik?

  • Seberapa mahir kamu tentang hal yang bisa kamu lakukan tersebut?

  • Apa hal-hal yang kamu sukai / passion untuk kamu lakukan?

  • Bagaimana kapabilitasmu untuk mencapai tujuan tersebut?

Setelah menjawab pertanyaan ini, kamu akan lebih mengenal tentang dirimu sendiri terkait kapabilitasmu dan tujuan hidupmu.


2. Keinginan (Wants)

Setelah menganalisis kemampuan kita, mulailah menggali lebih dalam tentang apa yang sebenarnya kita ingin capai sampai harus membuat goal setting. Dan mulailah menimbang-nimbang tentang tujuan kamu ini, apakah layak untuk diperjuangkan karena keinginanmu yang cukup besar? Kamu dapat menjawab pertanyaan ini untuk membantumu!

  • Apa tujuan yang ingin kamu capai?

  • Seberapa ingin kamu mencapai tujuan tersebut?

  • Apakah usaha yang akan kamu berikan sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan?

  • Bagaimana cara kamu akan mencapai tujuan tersebut?

Sekarang kamu telah mendapat gambaran yang lebih jelas kan? Tapi jangan lupa, masih ada 1 hal yang belum kita bahas! Next!


3. Kebutuhan (Needs)

Dan hal terakhir yang tidak kalah penting adalah kebutuhan pasar. Maksudnya apa sih? Jadi, tujuan yang ingin kita capai ini harus memiliki pasar atau bisa dibilang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada di zaman sekarang. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita bedah ke dalam bentuk pertanyaan!

  • Apakah kebutuhan akan bertemu dengan resources (keinginan & kemampuan) yang kamu miliki?

  • Jelaskan bagaimana cara ketiga poin itu dapat bertemu!

  • Seberapa besar urgensi kebutuhan hal ini untuk dicapai?

Ketika kamu telah bisa menjawab semua pertanyaan ini, tujuan yang sudah kamu tentukan pastilah akan tercapai asal harus berusaha ya!

(Source: unsplash.com)

Dengan menanyakan dan mengimplementasi hal-hal ini, kamu akan menjadi semakin yakin dengan tujuan yang akan kamu rencanakan. Stellars, mari bersama-sama kita buat goal setting versi kita sendiri, yuk!


43 views0 comments

Comments


bottom of page