• StellarW

3 Cara Sederhana Ini Bisa Bantu Tanamkan Pikiran Positif



Merasa keseharian yang dipenuhi dengan aktivitas padat menjadikanmu pribadi yang mudah berpikiran negatif? We’ve all been there! Stress karena kerjaan yang menumpuk memang tidak bisa dihindari, namun pikiran negatif yang mengganggu kesehatan mentalmu juga tidak boleh disepelekan, loh! Simak 3 langkah kecil berikut untuk tahu cara ampuh menciptakan positive thoughts, yuk!


1.Treat Yourself First



Kamu mungkin terkenal sebagai sosok yang super friendly dan bisa diandalkan di antara para sahabatmu, tapi sudahkah kamu memikirkan kebutuhan diri sendiri?


Coba, deh, lebih peduli pada keadaan diri sendiri lewat self-reflection. After all, kita harus bisa terlebih dahulu berbuat baik pada diri sendiri sebelum berusaha menolong orang lain. Ikuti kata hatimu dan keinginanmu sama sekali nggak egois, kok!


Kalau kamu sudah terbiasa untuk berbicara pada diri sendiri, kamu akan lebih mudah meng-handle ketidaknyamanan atau konflik yang kamu alami saat berada di lingkungan pekerjaan ataupun pertemanan.


2. Be Aware of Yourself



Tanpa disadari, pikiran negatif dan positif memang sulit untuk diatur keberadaannya. Untuk itu, penting banget bagi kita untuk sadar bahwa pikiran positif dan negatif yang kita punya merupakan hal yang manusiawi, so, nggak melulu harus dihindari dan dibawa pusing, deh!


Untuk membantu membuka sense of awareness dalam diri sendiri, kamu bisa belajar bermeditasi di rumah. Bagi kamu yang pemula, it’s totally okay to get help from applications! Kamu bisa memulai dengan mengunduh beberapa aplikasi meditasi, seperti Headspace, Calm, ataupun Simple Habit.


3. Be Grateful



Last but not least, resep ampuh untuk menciptakan pikiran positif ialah act of gratitude. Berilah sedikit waktu setiap harinya untuk melihat kembali kebaikan yang selama ini telah kamu alami.


Hal-hal kecil, seperti suguhan teh hangat di pagi hari, senyum cerah dari tetangga, hingga kesempatan untuk reunian dengan teman-teman lama bisa kamu jadikan alasan untuk bersyukur juga, kok!


Saat kamu melihat betapa beruntungnya dirimu, kamu akan lebih bisa fokus pada pikiran positif, dibandingkan terus mengkhawatirkan hal negatif yang malah mengganggu hari-harimu.


Bingung memulai dari mana? You can simply write it down. Sebuah studi menunjukkan bahwa menyisihkan waktu untuk menuliskan hal-hal yang kita syukuri dalam hidup mampu membantu kita menjadi pribadi yang optimis.


Cobalah untuk menuliskan setidaknya 3 hal yang kamu syukuri setiap kali selesai beraktivitas pada gratitude journal. Bagi kamu yang senang berkreasi, kamu bisa menuliskan kenangan positif tentang dirimu di happiness jar. The good thing is you can always look back to it whenever you’re feeling down!

12 views0 comments

Recent Posts

See All