top of page
  • Writer's picturestellarw

Cara Agar Produkmu Muncul di Halaman Pertama Pencarian E-Commerce (Tips Algoritma)


Saat kamu ingin membeli produk di e-commerce, produk mana yang pertama kali akan kamu buka dan lihat? Tentu produk yang tampil di halaman pertama bukan?


Yup ternyata, dari ratusan ribu produk yang dijual di e-commerce, hanya 10-30 produk yang muncul di halaman pertama pencarian.


Maka dari itu, supaya produkmu mudah dilirik oleh kustomer, kamu harus memastikan produkmu masuk di halaman pertama e-commerce! Lalu bagaimana agar produkmu muncul di halaman pertama?


Berikut tips and tricknya alogritma e-commerce yang disampaikan oleh Shirley Handoko (Vice President of Seller Activation and Engagement at Blibli) dalam webinar Office Hour++: Accelerate Your E-commerce bersama Blibli.


Simak seluruh tips dan tricknya algoritma e-commerce dalam artikel ini yaa..



TIPS PERTAMA: TULIS JUDUL PRODUK SEO-FRIENDLY


Judul produk adalah hal paling krusial yang menentukan produkmu untuk masuk dalam algoritma e-commerce.


Judul produk yang SEO-friendly akan membuat produkmu muncul di halaman pertama saat customer mencari barang di e-commerce.


Nah untuk membuat judul produk SEO-friendly, kamu harus menerapkan tata cara penulisan judul produk sebagai berikut:


JENIS PRODUK/KATEGORI PRODUK + MEREK + KETERANGAN


Mengapa tata cara ini penting? berikut penjelasannya:


1. Pentingnya menulis jenis produk/kategori produk

Bagi kamu yang menjual produk tanpa brand ataupun memiliki brand yang belum banyak dikenal orang, jenis produk adalah keyword yang tepat untuk membantu customer menemukan produkmu.


Sebagai contoh:

Bila kamu menjual jam tangan digital, jam anti air, dan smart watch, jangan hanya menuliskan judul produk: “Jam”. Melainkan tuliskan seperti berikut:

  1. Jam tangan digital pria

  2. Jam tangan anti air water resistant

  3. Jam tangan pintar smartwatch

Sehingga, konsumen yang tidak tahu nama brandmu akan tetap menemukan produkmu di laman pencarian.


2. Pentingnya menulis merek

Tidak jarang konsumen melihat berbagai e-commerce hanya untuk mencari produk yang sama. Biasanya ini dilakukan oleh kustomer apabila produk tersebut adalah produk yang tergolong viral dan best seller


Perlu diingat bahwa kustomer yang mencari produk best seller ataupun produk viral, pastilah secara spesifik hanya menginginkan produk dari brand tersebut.


Nah, inilah waktu yang tepat untuk menyematkan merek pada judul produk yang kamu tulis yaa..


Sebagai contoh:

Loreal Paris memiliki produk best seller: Mascara Voluminous Lash Paradise.

Bila kamu adalah reseller yang menjual produk tersebut, maka jangan hanya menuliskan judul produk “Mascara” saja.


Melainkan tuliskan lengkap dengan mereknya seperti berikut:

“Mascara Voluminous Las Paradise Loreal Paris”


3. Pentingnya menuliskan keterangan

Pernah kamu berniat membeli suatu produk dengan ukuran atau motif yang spesifik? Misalnya, kamu membutuhkan sprei kasur bermotif kotak-kotak, atau mencari sepatu heels wanita berukuran 3 cm?


Nah, itulah alasan mengapa kamu harus menyematkan keterangan pada judul produk yang kamu tulis. Dengan begitu, konsumen dengan mudah menemukan produkmu!


Sebagai contoh:

Bila kamu menjual sepatu dan sendal dengan berbagai ukuran heels, warna, dan motif, jangan hanya menuliskan “Sepatu”. Tapi tambahkan pula keterangan pada judul produkmu, seperti:

  1. Sepatu heels wanita 3 cm

  2. Sepatu sekolah tali

  3. Sendal gunung anak balita


TIPS KEDUA: TAMPILKAN FOTO PRODUK & REVIEW

Pastikan setiap produk yang kamu tampilkan di e-commerce memiliki foto yang menarik dan menampilkan testimoni/review produk.


Dengan begitu, customer tidak ragu membeli produkmu, karena mereka bisa mendapat gambaran jelas bentuk produk yang akan mereka beli.


Terlebih, calon customer akan lebih percaya review produk yang diberikan oleh pelanggan yang telah membeli produkmu.


Tidak jarang pula, calon customer juga akan melihat foto-foto review yang ditinggalkan oleh pelanggan lain.


Nah untuk itu, pastikan kamu mendapat review dari seluruh customer yang telah membeli produkmu. Mintalah mereka untuk memfoto produkmu dan memberikan ulasan jujur mengenai produkmu.


Kamu juga bisa membuat unboxing challenge berhadiah untuk memancing para pelanggan lama tertarik membuat review produkmu.


C. PILIH E-COMMERCE YANG TEPAT

Setiap e-commerce tentu memiliki keunggulan masing-masing. Untuk memilih e-commerce yang tepat sebagai tempatmu berjualan, kamu harus memastikan e-commerce tersebut bisa memberikan exposure yang besar untuk produkmu.


Kamu bisa mengikuti campaign flash sale, program diskon, dan program gratis ongkir!


Ketiga program ini adalah cara tercepat untuk membuat produkmu mendapatkan exposure yang besar, sehingga akan lebih banyak calon customer yang menemukan produkmu dengan mudah.


Salah satu e-commerce yang menyediakan program-program tersebut ialah Blibli.

Dibandingkan e-commerce lain, Blibli menyediakan lebih banyak keuntungan bagi para seller sepertimu.


Berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan di e-commerce Blibli:


1. Semua bisnis yang membuka toko di Blibli akan mendapat modal promosi 5,4 Juta rupiah untuk mengiklankan produk sekaligus toko yang mereka buka


2. Penjual yang baru membuka toko di blibli akan mendapat extra exposure agar tidak kalah bersaing dibandingkan penjual-penjual lama


3. Blibli menyediakan account manager untuk setiap seller. Tugasnya men-check tokomu secara berkala untuk membantu tokomu berkembang dengan cepat


4. Account manager Blibli akan selalu memberikanmu informasi untuk ikut program-program promosi dan campaign yang bisa meningkatkan exposure produk serta tokomu


5. Setiap aktivitas penjualan yang dilakukan seller akan difasilitasi dan dibantu penuh oleh Blibili. Mulai dari pendataan produk, penarikan uang, hingga menangani komplain customer


6. Blibli memfasilitasi exclusive launch bagi para seller baru dan akan meng-expose produkmu di semua channel social media blibli


7. Tedapat webinar gratis bagi para seller mengenai bisnis, digital marketing, dan jualan online. Webinar ini bisa kamu akses kapan pun dan mendapat materi webinar baru setiap harinya



Notes of Stellars!

Itu dia tips dan trick untuk membuat produkmu muncul di halaman pertama e-commerce. Pastikan kamu menulis judul produk yang SEO-Friendly dan memilih e-commerce yang bisa mendukungmu berjualan online dengan mudah, seperti Blibli.


Dengan begitu konsumen akan lebih mudah menemukan produkmu dan penjualan akan meningkat! Happy selling Stellars..


(GG)



83 views0 comments

Comments


bottom of page